Desa Wisata Gentansari - Obyek Wisata Tampomas


Desa Wisata Gentansari - BUMDes Tampomas Giri Mulya - Banjarnegara

Desa Gentansari yang berada di kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah adalah sebuah desa dengan penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Oleh karena itu kultur agraris sangat lekat dengan keseharian penduduk desa. Meskipun tidak sebagaimana dulu lagi, sebab ada kultur pertanian yang kini tergantikan dengan perkakas mekanisasi pertanian. Seperti bajak, sekarang sudah diganti dengan traktor.

Desa Gentansari di sebelah barat berbatasan dengan desa Watuurip dan Masaran, di sebelah utara berbatasan dengan desa Gemuruh dan Semampir. Di sebelah timur berbatasan dengan desa Twelagiri dan Pagedongan, sementara di sebelah selatan berbatasan dengan desa Gunungjati, desa Lebakwangi dan desa Majalengka.

Kondisi geografis desa Gentansari merupakan daerah yang tidak rata atau datar, tetapi merupakan wilayah yang berbukit-bukit. Namun termasuk desa yang aman dari bencana tanah longsor karena kondisi tanahnya cukup stabil. Bahkan, dulu desa Gentansari memiliki sebuah bukit batu yang sangat besar dengan luas lingkar bawahnya mencapai kurang lebih 6 hektar. Dengan ketinggian mencapai kurang lebih 250 meter. Sangat menarik sebagai destinasi wisata pada saat itu. Sayangnya ketika pemerintah membangun PLTA Panglima Besar Soedirman, bukit batu yang oleh leluhur desa Gentansari disebut dengan Gunung Tampomas itu dimanfaatkan sebagai bahan material pembangunan PLTA tersebut. Operasi eksplorasi batu Tampomas di mulai pada tahun 1983.

Jutaan meter kubik batu berhasil diangkut ke lokasi proyek yang membendung sungai Serayu itu, sehingga saat pembangunan itu berakhir, bukit batu Tampomas rata dengan tanah. Bahkan menyisakan cekungan kolam batu yang sangat lebar dan dalam. Sehingga lama kelamaan cekungan itu terisi oleh air dan berubah menjadi sebuah danau.

Sisa batu-batu yang ada kemudian dimanfaatkan oleh penduduk lokal sebagai tambang batu tradisional. Dampak positif pemanfaatan itu adalah adanya lapangan kerja bagi penduduk yang tadinya kehilangan garapan saat eksplorasi. Namun ternyata berdampak negatif yaitu rusaknya panorama batu Tampomas yang masih mungkin untuk di kembangkan menjadi sebuah destinasi wisata.

Oleh karena itu, pemerintah desa Gentansari melakukan inisiasi untuk merubah tambang batu tersebut menjadi sebuah destinasi wisata, bekerja sama dengan Karang Taruna. Kemudian terbentuklah sebuah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Tepatnya berdiri pada tahun 2017 akhir. Pokdarwis beranggotakan dari seluruh elemen pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Yoga Sejati desa Gentansari. Yang didukung juga oleh Karang Taruna Unit khususnya yang ada di sekitar Tampomas seperti Karang Taruna Unit Pelita Mas Dukuh Mendingin dan Siteki, juga Karang Taruna Unit Puri Mas Karangjambu.

Bukit batu Tampomas terletak di antara tiga pedukuhan, yaitu Dukuh Mendingin, dukuh Karangjambu dan dukuh Siteki dengan pusat dusun yaitu di dusun Karangjambu. 

Setelah satu tahun Pokdarwis Tampomas beraktivitas, kemudian pemerintah Desa Gentansari pada akhir tahun 2018 membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan nama BUMDes Tampomas Giri Mulya untuk mengembangkan Destinasi Wisata Tampomas melalui unit usaha pariwisata. Diresmikan dengan Peraturan Desa Gentansari No. 15 Tahun 2018.

Saat sekarang ini Destinasi Wisata Tampomas telah memiliki beberapa fasilitas penunjang pariwisata seperti : Gazebo, Prahu Wisata, Mushola, Toilet, Lahan Parkir, Kolam Bermain Anak, Track Offroad dan Camping Ground. 

Tiket masuk Destinasi Wisata Tampomas sangatlah bersahabat. Untuk HTM hanya dikenakan Rp. 5.000 per orang dan parkir motor sebesar Rp. 2.000 dan parkir mobil sebesar Rp. 5.000. 
Gazebo di Destinasi Wisata Tampomas terdiri dari beberapa ukuran, ada ukuran kecil dan ada ukuran besar yang bisa digunakan untuk sarana pertemuan dengan kapasitas 30-40 orang, untuk harga sewa Gazebo sarana pertemuan dengan harga Rp. 25.000/jam untuk hari biasa dan Rp. 50.000/jam untuk weekend atau hari libur. 

Untuk fasilitas toilet Destinasi Wisata Tampomas memiliki 7 buah toilet dengan sarana air yang memadai. Mushola luas yang dapat menampung 30 orang. Untuk lahan parkir juga luas bisa menampung 500 motor dan 100 mobil. 

Fasilitas lain seperti Perahu Wisata bisa dinikmati dengan biaya Rp. 5.000 per orang untuk dua kali putaran danau Tampomas dengan lebar sekitar 1,7 Ha. Dan Kolam bermain anak juga bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk Rp. 5.000. Destinasi Wisata Tampomas juga bisa digunakan untuk Camping Ground dengan kapasitas 100 – 200 tenda. 

Dan salah satu paket wisata yang ditawarkan di Destinasi Wisata Tampomas Desa Gentansari adalah paket wisata offroad. Untuk merasakan sensasi asyiknya Fun Offroad di Tampomas, ada beberapa paket yang ditawarkan, seperti Paket Short dengan rute disekitar destinasi wisata Tampomas, Obyek Wisata Gunung Lanang. Untuk paket Long dengan rute Tampomas, Gunung Lanang dan Track di hutan karet. Untuk harga per paket juga sangatlah bersahabat dan akan mendapatkan fasilitas perjalanan yang mengasyikan. 

Desa Wisata Gentansari - BUMDes Tampomas Giri Mulya - Banjarnegara


Untuk keamanan wisatawan Destinasi Wisata Tampomas Gentansari telah menjamin keselamatan semua wisatawan dengan asuransi jiwa. Setiap pembelian tiket masuk maka disitu anda akan memiliki asuransi selama di kawasan Destinasi Wisata Tampomas. 

Selain sektor pariwisata dan paket wisata yang ada di Desa Gentansari, ada juga pengolahan limbah sampah yang dilakukan oleh warga masyarakat Dusun Mendingin desa Gentansari. Dengan pengolahan limbah sampah masyarakat tersebut dapat membuat kerajinan dari limbah yang sangat artistik dan tentunya memiliki harga jual. Contohnya adalah pembuatan gaun pengantin dari sampah plastik, pembuatan bunga hias dari sampah plastik, pemilahan sampah untuk didaur ulang, pembuatan perabot rumah tangga dari barang bekas dan masih banyak lainnya. 

Untuk akses jalan menuju ke Desa Gentansari sangatlah terjangkau. Jarak Desa Gentansari hanya sekitar 6 kilometer ke selatan dari pusat Kota Banjarnegara dengan fasilitas jalan aspal semua. Anda bisa menemukan petunjuk arah untuk sampai ke Desa Gentansari dan Destinasi Wisata Tampomas. Anda juga bisa mendapatkan petunjuk arah secara digital di Google Maps dengan kata kunci Destinasi Wisata Tampomas.

Jadi BUMDes Tampomas Giri Mulya Desa Gentansari dan seluruh masyarakat Desa Gentansari memiliki visi dan misi untuk dapat menjadikan Gentansari sebagai tujuan wisata unggulan di daerah Kabupaten Banjarnegara bagian selatan, sehingga bisa berdampak baik bagi seluruh masyarakat Desa Gentansari pada khususnya dan warga Kabupaten Banjarnegara pada umunya. 

Link Google Maps : Destinasi Wisata Tampomas
CP : +62 823-2248-0654
Instagram : @exploretampomas